PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN PERKULIAHAN DI FAKULTAS ILMU SOSIAL (FIS) UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Paulus Robert Tuerah(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Wabah penyakit Covid-19 yang melanda lebih dari 200 negara di seluruh dunia telah menghadirkan tantangan bagi lembaga pendidikan, terutama pendidikan tinggi. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk mencegah penyebaran virus, seperti isolasi, jarak sosial dan fisik, dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Karena itu, masyarakat diharuskan untuk tetap tinggal di rumah dan melakukan pekerjaan, ibadah, serta belajar dari rumah. Dalam situasi ini, lembaga pendidikan perlu melakukan inovasi dalam proses pembelajaran dan pengembangan model pembelajaran. Salah satu inovasi yang diadopsi adalah pembelajaran online atau daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan hal-hal berikut: (a) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manadao harus beradaptasi dengan pembelajaran daring, (b) Tantangan umum dalam pembelajaran daring meliputi keterbatasan kuota internet dan ketidakstabilan jaringan. Pembelajaran daring cenderung bersifat guru-terpusat daripada siswa-terpusat, (c) Solusi untuk pembelajaran daring adalah dengan menerapkan pembelajaran blended learning yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring.


Keywords


Model Pembelajaran, Pembelajaran Daring

References


Amin, A. K. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51-64.

Angraini, R. (2017). Karakteristik media yang tepat dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan nilai. Journal of Moral and Civic education, 1(1), 14-24.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta: Universitas Terbuka.

Cahyono, Y. D. (2015). E-learning (EDMODO) sebagai media pembelajaran sejarah. Jurnal Penelitian, 18(2).

Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).

Denzin, N. K. & Lincoln, Y. S. (2009) Handbook of Qualitative Research. Terjemahan Dariyatno, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, D. R. (2019). Pengembangan kurikulum di Indonesia dalam menghadapi tuntutan abad ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1-22.

Fatwa, A. (2020). Pemanfaatan teknologi pendidikan di era new normal. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2).

Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).

Hasanah, N. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi microsoft power point sebagai media pembelajaran pada guru sd negeri 050763 gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 34-41.

Idris, H. (2018). Pembelajaran model blended learning. Jurnal Ilmiah Iqra', 5(1).

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 3(02), 137-154.

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran elektronik (e-learning) terhadap mutu belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1).

Kurniawan, M. R. (2017). Analisis karakter media pembelajaran berdasarkan gaya belajar peserta didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491-506.

Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (1996). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Nuryanto, H. (2012). Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. PT Balai Pustaka (Persero).

Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik teknologi pendidikan: E-learning. Kencana.

Prayitno, W. (2015). Implementasi blended learning dalam pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Pendidikan, 6(01).

Rahmatia, M., Monawati, M., & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Acehpengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).

Sanjaya, R. (Ed.). (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi.

Usman, U. (2018). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1).

Wijoyo, A. (2018). Pengaruh Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Multi Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(1), 46-55.

Yuliana, Y. (2019). Inovasi Pembelajaran Melalui Teknologi Informasi: Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Internet. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 119-132.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 134 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v15i2.3746

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v15i2.3746.g1743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.