KARYA TULIS ILMIAH: WORKSHOP PENULISAN PROPOSAL DAN SKRIPSI BAGI MAHASISWA

Mikhael Misa(1), Lasi Febronia(2),


(1) Program Studi pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Imlu Pendidikan, Universitas Timor
(2) Program Studi pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Imlu Pendidikan, Universitas Timor
Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Workshop ini bertujuan untuk dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait penulisan proposal dan skripsi serta karya tulis ilmiah lainnya. Mahasiswa dalam  menuangkan ide dan konsepnya masih mengalami hambatan dan kendala dalam penulisan proposal dan skripsi. Oleh karena itu, perlu dilakukan workshop menulis proposal dan skripsi serta karya tulis ilmiah lainnya dengan pendampingan yang lebih intensif agar mereka lebih mampu dalam menulis proposal pada saat menyusun skripsi.  Metode yang digunakan adalah  ceramah, praktek bimbingan dan tanya-jawab. Peserta yang menghadiri workshop ini berjumlah 124 orang mahasiswa, yang bertempat di Aula-FIP Unimor. Dalam workshop ini, peserta yang menghadiri telah menunjukkan antusiasmenya yang tinggi selama workshop berlangsung. Selain itu juga, peserta tidak hanya mendengarkan ceramah; tetapi juga mendapatkan bimbingan sehingga dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan yang didapatnya dalam menulis proposal dan skripsi secara efisien dan efektif.



Keywords


Karya Ilmiah, Workshop Penulisan, Proposal-Skripsi

References


Daftar Pustaka

Asmawan, A. (2017). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 51–57. https://doi.org/10.2317/jpis.v26i2.3331

Azis, A. W. (2015). Koherensi Paragraf dalam Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Diakletika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Matematika, 1(2), 173–185. https://onesearch.id/Record/IOS3526.article-14

Cahyani, Y. E., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan Spiritualitas terhadap Resiliensi pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(1), 32–41. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/1822

Hernawan, Widyastuti Temmy, N. S. H. (2016). Model Writing Workshop dalam Penulisan Proposal Skripsi Mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Daerah FBBS UPI. Lokabasa, 1–23. https://ejournal.upi.edu/index.php/lokabasa/article/viewFile/15591/8735

Kurniawan, D. D., & Sigit, K. N. (2020). Pelatihan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa universitas selamat sri. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (PAKEM), 1(2), 65–69. http://jurnal.stietotalwin.ac.id/index.php/pakem/article/view/232

Kusumaningrum, W., & Wiyono, B. D. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial, Kontrol Diri Dengan Motivasi Berprestasi Dalam Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Jurnal BK UNESA, 11(5), 675–687. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/35685

Mawardi, K. (2019). Tingkat Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Aktivis. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 120–130. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2801

Ristekdikti, P. (2015). Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 1952, 59–77. http://jdih.ristekdikti.go.id/?q=perundangan/konten/11343

Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa STKIP Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39–43. https://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2165

Siswanto, I., & Sampurno, Y. G. (2015). Faktor-Faktor Penghambat Pengerjaan Tugas AkhirSskripsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Jurnal Taman Vokasi, 3(1). https://media.neliti.com/media/publications/74689

Sulasteri, S., Nur, F., & Kusumayanti, A. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Menyelesaikan Skripsi. Idaarah, 3(1), 96–113. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i1.9389

Susetyo, S., & Noermanzah, N. (2020). Kemampuan dan Kesulitan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bengkulu dalam Menulis Proposal Penelitian Skripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 182–201. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1071

Vikaliana, R. and I. (2021). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Kegiatan Menulis Skripsi Itu Mudah. Jurmas Sosial Dan Humaniora, 1(2), 1–4. http://ejournal.adpi-indonesia.id/index.php/jsoshum/index

Winarto, W. W. A. (2021). Program Peningkatan Minat Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.114


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 45 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v15i2.3703

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v15i2.3703.g1728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.