PKM KELOMPOK PENJUAL JAGUNG DI KAWASAN WISATA RELIGI BUKIT KASIH KANONANG KECAMATAN KAWANGKOAN KABUPATEN MINAHASA SULAWESI UTARA

Rahel Widiawati Kimbal(1), Johny Manaroinsong(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Keindahan Tempat Wisata Religi Bukit Kasih Kanonang sudah dikenal banyak kalangan. Maka tidak mengherankan dalam  rentang  Juni hingga Desember 2016 tercatat ada 35.028 wisatawan yang telah mendatangi objek wisata ini. Besarnya kunjungan ini telah mendorong lahirnya penawaran berbagai jasa. Salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat adalah  usaha penjualan jagung yang menjual jagung rebus dan bakar. Metode pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini melibatkan masyarakat khususnya penjual jagung  yang kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan mengelolah usaha mereka. Pemilik usaha penjual jagung juga bersedia dihimpun dan membentuk kelompok penjual makanan yang belum pernah ada. Di samping itu kegiatan ini akan melibatkan pemerintah desa dan tokoh agama atau adat setempat yang memiliki pengaruh kuat serta menjadi pribadi panutan dalam  masyarakat. Selain itu, kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini juga menggunakan pendekatan  dengan cara  melibatkan mahasiswa ekonomi sebagai pendamping dan sekaligus mereka belajar dan membagi ilmu. Rencana kegiatan diawali dengan persiapan dengan pembahasan program dan langkah-langkah kerja yang akan dilaksanakan. Selanjutnya melakukan kordinasi dengan mitra untuk membahas serta mengindentifikasikan permasalahan mendasar yang harus segera diatasi. Rencana kegiatan diawali dengan persiapan dengan pembahasan program dan langkah-langkah kerja yang akan dilaksanakan. Selanjutnya melakukan kordinasi dengan mitra untuk membahas serta mengindentifikasikan permasalahan mendasar yang harus segera diatasi.


Keywords


Kelompok penjual jagungl; Bukit Kasih; Masyarakat.

References


Faig, H. Salam Damai Dari Bukit kasih.

travel . kompas.com 12 April 2015.

Lokon, T. Menikmati Lokalisasi Pijat Kaki di Bukit Kasih Kasih Kanonang. www.kompasiana.com 24 Juni 2015.

Ikanubun, Y. Tugu Kerukunan dan Pagi di Bukit Kasih Kanonang. Regional.liputan6.com 4 Juli 2017.

Kuncoro,M. 1997. Ekonomi Industri, Teori Kebijakan dan Studi Empiris di Inonesia. Widya Sarana Informatika. Yogyakarta.

Maulana, A. 1987. Manajemen pemasaran. Erlangga. Jakarta

Maskun, S. 1993. Pembangunan Masyarakat Desa Asas, Kebijaksanaan dan Manajemen. Media Widya Mandala. Yogyakarta.

www.bulawanews.com. Mau Pijat Air Panas Belerang. 3 Juni 2017.

Perry , M. 2000. Mengembangkan Usaha Kecil Dengan Memanfaatkan Berbagai Bentuk Jaringan Kerja Ekonomi. PT raja Grafindo Persada. Jakarta

Soebagyo. 2012. Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal of Liquidity, vol 1, no 2 Juli-Desember. hlm 153-158


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 194 times
PDF Download : 1 times

DOI: 10.36412/abdimas.v15i3.3118

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v15i3.3118.g1752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.