PKM KELOMPOK PENJUAL JAGUNG DI KAWASAN WISATA RELIGI BUKIT KASIH KANONANG KECAMATAN KAWANGKOAN KABUPATEN MINAHASA SULAWESI UTARA
(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author
Abstract
Keindahan Tempat Wisata Religi Bukit Kasih Kanonang sudah dikenal banyak kalangan. Maka tidak mengherankan dalam rentang Juni hingga Desember 2016 tercatat ada 35.028 wisatawan yang telah mendatangi objek wisata ini. Besarnya kunjungan ini telah mendorong lahirnya penawaran berbagai jasa. Salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat adalah usaha penjualan jagung yang menjual jagung rebus dan bakar. Metode pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini melibatkan masyarakat khususnya penjual jagung yang kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan mengelolah usaha mereka. Pemilik usaha penjual jagung juga bersedia dihimpun dan membentuk kelompok penjual makanan yang belum pernah ada. Di samping itu kegiatan ini akan melibatkan pemerintah desa dan tokoh agama atau adat setempat yang memiliki pengaruh kuat serta menjadi pribadi panutan dalam masyarakat. Selain itu, kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini juga menggunakan pendekatan dengan cara melibatkan mahasiswa ekonomi sebagai pendamping dan sekaligus mereka belajar dan membagi ilmu. Rencana kegiatan diawali dengan persiapan dengan pembahasan program dan langkah-langkah kerja yang akan dilaksanakan. Selanjutnya melakukan kordinasi dengan mitra untuk membahas serta mengindentifikasikan permasalahan mendasar yang harus segera diatasi. Rencana kegiatan diawali dengan persiapan dengan pembahasan program dan langkah-langkah kerja yang akan dilaksanakan. Selanjutnya melakukan kordinasi dengan mitra untuk membahas serta mengindentifikasikan permasalahan mendasar yang harus segera diatasi.
Keywords
References
Faig, H. Salam Damai Dari Bukit kasih.
travel . kompas.com 12 April 2015.
Lokon, T. Menikmati Lokalisasi Pijat Kaki di Bukit Kasih Kasih Kanonang. www.kompasiana.com 24 Juni 2015.
Ikanubun, Y. Tugu Kerukunan dan Pagi di Bukit Kasih Kanonang. Regional.liputan6.com 4 Juli 2017.
Kuncoro,M. 1997. Ekonomi Industri, Teori Kebijakan dan Studi Empiris di Inonesia. Widya Sarana Informatika. Yogyakarta.
Maulana, A. 1987. Manajemen pemasaran. Erlangga. Jakarta
Maskun, S. 1993. Pembangunan Masyarakat Desa Asas, Kebijaksanaan dan Manajemen. Media Widya Mandala. Yogyakarta.
www.bulawanews.com. Mau Pijat Air Panas Belerang. 3 Juni 2017.
Perry , M. 2000. Mengembangkan Usaha Kecil Dengan Memanfaatkan Berbagai Bentuk Jaringan Kerja Ekonomi. PT raja Grafindo Persada. Jakarta
Soebagyo. 2012. Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal of Liquidity, vol 1, no 2 Juli-Desember. hlm 153-158
Article Metrics
Abstract View : 194 timesPDF Download : 1 times
DOI: 10.36412/abdimas.v15i3.3118
DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v15i3.3118.g1752
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.