PKM PERCAKAPAN BAHASA JEPANG BAGI GENERASI MUDA DI PANIKI DUA MANADO

Jajat Sudarajat(1), Sandra Rakian(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Program Kegiatan Pengabdian Kepada  Masyarakat  yang  diselenggarakan oleh  LPPM UNIMA,  yang  bertajuk  “PKM Percakapan Bahasa Jepang bagi Generasi Muda di Paniki Dua Manado ” ini,  akan  melaksanakan   kegiatan  utama,  yaitu  kegiatan  pelatihan  percakapan .  Kegiatan-kegiatan  ini   bertujuan  untuk  mengatasi  masalah  yang  belum  terealisasinya  pembelajaran  bahasa  Jepang di  Paniki dua Manado. Sebagai mitra yaitu pemuda dan remaja Paniki dua Manado. Kegiatan  pelatihan  bahasa  Jepang  dipandang  penting  untuk  dilaksanakan  dalam  rangka  pembelajaran  bahasa Jepang.  Kegiatan  pelatihan  ini  diharapkan   juga dapat  memberi  dampak  positif  bagi   pengembangan  bahasa  Jepang.  Disamping  itu  juga  diharapkan  dapat  menumbuhkan  sikap  positif  dari  pemuda dan remaja  agar  mereka  mau menggunakan    bahasa  Jepang,  sebagai  wujud  keikutsertaan  mereka  dalam  upaya  menunjang  pariwisata SULUT, sesuai  dengan pemberitahuan dari pimpinan daerah, SULUT sudah merupakan  daerah  wisata, itu dikuatkan dengan pemberitahuan Presiden melalui media sosial.  Diharapkan  setelah  pelatihan  ini  para  Pemuda dan remaja  akan  memiliki  keterampilan  menyimak,  berbicara,  membaca,  sekalipun  masih  sederhana,  berdasarkan  tema-tema:  perkenalan,   memberi salam,  keluarga,  memperkenalkan tempat objek wisata dan sebagainya. Target  khusus  pelatihan  ini  adalah  pertama  (pelatihan  bahasa  Jepang)  untuk  menghasilkan  modul  pembelajaran  bahasa  Jepang  praktis,   yang  tidak  hanya  digunakan  dalam  pelatihan  ini  tetapi  juga  nanti  akan  dapat  digunakan  sebagai  bahan  pembelajaran  untuk  pelajar bahasa Jepang  pemula .  Modul  pembelajaran  ini  nantinya  akan  dapat  dikembangkan  menjadi  buku  ajar. Metode  yang  digunakan  dalam  pelatihan  ini  adalah  menerapkan model-model pengajaran yang kooperatif yang mudah diserap oleh pembelajar adalah upaya pengajar untuk mencapai tujuan yang diharapkan yaitu dapat menguasai empat keterampilan berbahasa yakni; keterampilan berbicara, membaca, menulis, menyimak. yaitu  Kegiatan  pelatihan  bahasa  Jepang  ini  diharapkan  akan  membuka  pintu  masuk  bagi  kegiatan-kegiatan  lain  dalam  rangka  meningkatkan  peran  serta  dan  pengabdian  UNIMA  melalui  LPPM  dalam  pembangunan  dibidang  pendidikan  dan  bidang-bidang  lainnya  di  tengah-tengah  masyarakat  umum.


Keywords


Bahasa; Penunjang; Pariwisata.

References


Aqib, Z. 2013. Model-model Pembelajaran, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Sagala, S. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sadirman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo Perkasa.

Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : remaja Rosdakarya.

Poerwanto, N. 2000. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Yone, T. 2001. Minna No Nihongo Shokyuu II Kanji. Tokyo : Surienettowaku.

Akio Tanaka. 1996. Kihongio no sentai. Nihongo no goi to gengo bunka”kokubun Gaku”9 Gatsu 90. Dai 41 ka. 1190 Gakutosha.

Fukada, Hiroko 1997 Mengetik Merayap dan Mendobrak, Jakarta : Kesaint Blanc.

Ishida, Noriko. 1991. Keterangan Tatabahasa Dasar-dasar Bahasa Jepang. Jogjakarta PPS- FIB-UGM

Kenji Matsuura. 1994. Kamus Bahasa Jepang – Indonesia, Kyoto Sangyo, University Press

Masayoshi Hirose/Kakuto Shoji. 1994.Effective Japanese Usage Guide, Kodansha International Ltd, Tokyo Japan.

Ramlan, E. 1999. Permasalahan PBM Bahasa Jepang di Indonesia (SMU) Seminar Nasional Bahasa Jepang dan Pendidikan Bahasa Jepang di IKIP Bandung 23-24 Februari.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 157 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v14i1.3115

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v14i1.3115.g1595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.