PENGENALAN DAN PELATIHAN SOLIDWORKS UNTUK GURU DAN SISWA SMK DI TOMOHON

Zuldesmi Zuldesmi(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Industri 4.0 saat ini indentik dengan tren otomatisasi dalam teknologi dan industri. Peralihan dari sistem manual ke sistem digital saat ini harus didukung juga oleh SDM yang kompeten dan update akan perkembangan digital dan teknologi. Persaingan di dunia kerja juga sangat erat kaitannya dengan kemampuan atau skill yang dimiliki oleh pelamar sesuai dengan tuntutan Industri 4.0. Berdasarkan hasil observasi di beberapa sekolah SMK di Tomohon khususnya jurusan Teknik Mesin, masih banyak ditemukan sistem pembelajaran yang bersifat manual, contohnya dalam mata pelajaran Gambar Teknik. Guru dan siswa masih menggunakan cara-cara lama dalam Menggambar, yaitu dengan menggunakan pensil, penggaris, dan kertas. Padahal di era Industri 4.0 saat ini sudah sangat banyak aplikasi gambar digital salah satunya adalah Solidworks, tentu keadaan seperti ini tidak menunjang Visi dan Misi pemerintah dalam pengaplikasian Industri 4.0 di Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru dan Siswa di Sekolah, beberapa faktor penyebab yang menjadi kendala tidak updatenya guru dan siswa adalah sarana dari sekolah dan tidak adanya pelatihan khusus bagi Guru utuk mengaplikasikan Gambar berbasis digital. Salah satu alternatif solusi dalam menunjang terwujudnya daya saing Industri 4.0 terhadap generasi Muda di Tomohon adalah dengan memberikan pengenalan dan pelatihan Solidworks kepada Guru dan Siswa di SMK Tomohon. Dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dimulai dengan pengenalan Solidworks kepada Guru dan Siswa kemudian dilanjutkan dengan pelatihan langsung guna menunjang kemampuan Psikomotorik Guru dan Siswa. Hasil pelatihan menunjukkan  bahwa sebagian besar peserta pelatihan, baik guru maupun siswa, telah mampu membuat gambar kerja berbasiskan sofware Solidworks. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan memperlihatkan adanya peningkatan pengetahuan menggambar teknik dengan bantuan Solidworks. Pengetahuan yang didapatkan dari pelatihan masih bersifat dasar dan masih perlu dikembangkan lagi dalam pembelajaran di sekolah/kelas.


Keywords


Gambar Teknik; Solidworks; Kompetensi Gambar; Kompetensi Guru

References


Erzeddin Alwi, Nuzul Hidayat, Wanda Afnison, D. Y. (2018). Program Up-Grade Skill Service Sepeda Motor Bagi Mekanik Bengkel Pemula. Pakar Pendidikan. VOL. 16 NO. 1 JANUARI 2018 (16-21), VOL 16, 16–21.

Fernandez, D., Chandra, R., Maksum, H., & Afnison, W. (2018). Workshop Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). (4).

Hidayat, N., Arif, A., Setiawan, M. Y., & Afnison, W. (2018). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pemuda Putus Sekolah Melalui Pelatihan Perawatan Berkala Sepeda Motor. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 83–90.

Penyusun, T., Penelitian, L., Pengabdian, D. A. N., Masyarakat, K., & Masyarakat, K. (2019). Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 291 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v14i1.3112

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v14i1.3112.g1592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.