TEKNIK PEMBIMBINGAN LAFAL MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI GURU-GURU BAHASA JEPANG DI SULAWESI UTARA

Franky R Najoan(1), Yenny Jeine Wahani(2), Fitri Ifi Gama(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Pendidikan Bahasa Jepang di Sulawesi Utara dapat dikatakan cukup maju karena terdapat 106 sekolah menengah (SMP, SMA, SMK, MA) yang mengajarkan Bahasa Jepang sebagai bahasa asing di masing-masing sekolah, dengan jumlah guru 142 orang, dan jumlah siswa 17,958 orang. Dalam pelaksanaan Pendidikan dan pembelajaran bahasa Jepang di sekolah tidak terlepas dari berbagai permasalahan, mulai dari kesiapan guru, fasilitas, daya serap siswa, motivasi, dan lain-lain. Salah satu permasalahan yang penting adalah masalah pembelajaran lafal bahasa Jepang. Pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran lafal di sekolah-sekolah belum dilaksanakan sebagaimana mestinya. Alasan yang dikemukakan oleh para guru adalah karena mereka sendiri tidak punya rasa percaya diri terhadap lafal bahasa Jepang mereka, dan tidak mengetahui metode pembelajaran lafal yang tepat. Maka yang menjadi masalah dalam kegiatan PKM ini adalah, bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri para guru terhadap kemampuan lafal mereka dan terhadap kapasitas guru membimbing lafal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dipandang perlu untuk memberikan pembekalan kepada para guru melalui kegiatan pelatihan lafal bahasa Jepang agar pembelajaran lafal dapat terlaksana sesuai harapan. Untuk melaksanakan kegiatan PKM ini, tim bekerja sama dengan MGMP Bahasa Jepang Sulawesi Utara, menyelenggarakan pelatihan pembelajaran lafal. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk daring yang diikuti oleh 30 orang peserta. Setelah selesai kegiatan, peserta diminta untuk mengisi angket secara online untuk mengevaluasi hasil kegiatan. Para peserta merasa lega setelah mengetahui bahwa pembelajaran lafal tidaklah sesulit yang dibayangkan karena sesungguhnya guru hanya menjadi fasilitator. Mereka menyatakan mulai tumbuh rasa percaya diri untuk mengajarkan lafal. Bahan ajar untuk sekolah menengah sudah tersedia, tinggal bagaimana mengolahnya menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Bahkan peserta mengharapkan kegiatan pelatihan lafal dapat dilanjutkan untuk pemantapan.

Keywords


Bimbingan bafal; hatsuon; percaya diri.

References


Bang, Hyeonhee. 2010. Jisoku Kanousei

Onsei Kyouiku o Mezasu Pia Monitaring

Katsudou no Kanousei: Taiwa o Baikai to

shita Gengoseitai no Hozen Ikusei o

tooshite. Dai 5 kai Kokusai Nihongo

Konsooiamu Nihon to wa nanika.

OchanimuzuDaigaku.

Isomura, Kazuhiro. 2000. Kaigai no Nonnative Kyoushi kara Mita Nihongo Onsei

Kyouiku, Go-akusento no Kyouiku o

CHuushin ni. Dai 2-kai Nihongo Onsei

Kyouiku Houhou Kenkyuukai Shiryou.

Japan Foundation. 2009. Kokusai

Kouryuu Kikin Nihongo Kyoujuhou

Siriizu Dai 2 kan, Onsei o Oshieru,

Tokyo: Hitsuji Shobo.

Japan Foundation. 2017. Nihongo

Kirakira: Bahasa Jepang untuk SMA/MA.

Jakarta: Penerbit Erlangga.

MGMP Sulut. 2019. Data MGMP Bahasa

Jepang Provinsi Sulawesi Utara Tahun

Pelajaran 2018/2019”. Sekretariat

MGMP Bahasa Jepang Sulawesi Utara.

Najoan, Franky., 2013. Pembelajaran

Bunyi Bahasa Jepang untuk Pembelajar

Indonesia: dengan Teknik Peer Feedback.

Proceeding Internasional Seminar on

Student Centered Learning (SCL) on

Japanese Language Education and Roles

of the Teachers. Padjadjaran Univ.

Pp.115-129

Najoan, Franky R. 2014. Pengajaran Lafal

di Indonesia dan Permasalahannya.

Jurnal Pendidikan dan Bahasa Jepang:

Kagami, Vol. 5 No. 1, Mei 2014.

Najoan, Franky dan Y. Sukegawa., 2015.

Metode Pengukuran Persepsi Bunyi

Bahasa Jepang oleh Pembelajar

Indonesia.

Proceeding Internasional Seminar on

Evaluation and Assesment in Japanese

Language Education, Udayana

University Press.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 67 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v13i3.3109

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v13i3.3109.g1590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.