PKM PRIA KAUM BAPAK (PKB) EBEN HAEZER KOTA TOMOHON

Soenandar Milian Tompunu Tengker(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Pengelolaan masalah sampah merupakan hal yang tidak asing kita hadapi sekarang ini. Manusia adalah penyumbang terbesar di dunia dalam menghasilkan sampah. Dengan kata lain, kita sebagai masyarakat setiap hari dapat menghasilkan berbagai jenis sampah. Jemaat Eben Haezer Kaaten terdiri dari 11 kolom dengan jumlah keluarga setiap kolom rata-rata berjumlah 20 keluarga. Jika rata-rata setiap keluarga terdiri atas 4 orang, maka total jumlah jiwa di jemaat ini adalah 880 orang. Jika setiap orang menghasilkan sampah sebanyak 0,05 m3 per hari, maka di Jemaat Eben Haezer Kaaten dapat menghasilkan sampah sebanyak 44 m3 setiap hari. Hal ini menjadi masalah jika terjadi penimbunan sampah akibat keterlambatan pengangkutan sampah dari Dinas Terkait. Sampah-sampah yang ditimbun dapat menyebabkan gangguan kesehatan karena biasanya sampah ayng ditimbun akan menghasilkan bau busuk, serta menjadi sarang terkumpulnya binatang (tikus) yang dapat menjadi sumber penyakit bagi manusia. Selain itu, timbunan sampah juga merusak pemandangan dan dapat mengakibatkan bencana alam seperti banjir. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk mengatasi permasalahan sampah dengan penerapan Konsep 3R (reduce, reuse dan recycle) kepada masyarakat jemaat Eben Haezer Kaaten. Selain itu, sebagian besar penduduk yang ada di Jemaat Eben Haezer Kaaten berprofesi sebagai petani. Pengelohan Sampah Organik menjadi pupuk kompos dapat bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan jemaat dan sekitar daerah kaaten.


Keywords


Pengolahan Sampah; Pupuk Kompos; 3R (reduce, reuse, recycle).

References


Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum. 2019. Data Umum Portal Persampahan Provinsi Sulawesi Utara / Kota Tomohon 2019. http://ciptakarya.pu.go.id/plp/simpersampahan/baseline/rosampahdataproplist.php?id=7100&tabid=dataumum. Diakses tanggal 29 November 2019.

Anonim. 2019. Upaya Mewujudkan Pengeloaan Sampah. http://mangihot.blogspot.com/2017/03/upaya-mewujudkan-pengelolaan-sampah-pkm.html. Di akses tanggal 29 November 2019.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 42 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v14i1.3094

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v14i1.3094.g1579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.