PKM STRATEGI PEMBELAJARAN GURU-GURU SMA KRISTEN 2 BINSUS TOMOHON

Ruth C Paath(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Pengabdian ini bertujuan agar guru-guru SMA Kristen 2 Binsus Tomohon dapat memperbaiki proses pembelajaran dari konvensional ke pembelajaran yang menyenangkan. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Metode menggunakan pendekatan kualitatif analitik yaitu dengan mengamati dan mengumpulkan data yang berkaitan dengan topik permasalahan sekolah mitra dalam hal ini guru-guru SMA Kristen 2 Binsus Tomohon. Dilanjutkan dengan pelatihan, simulasi dan pendampingan.   Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2019. Setelah  guru mengikuti pelatihan, jelas terlihat adanya perubahan yang signifikan baik pada guru-guru maupun siswa. Melalui presentasi tergambar dengan jelas bahwa setiap guru berusaha secara optimal dalam mempersiapkan materi, menentukan strategi pembelajaran dan menggunakannya dalam proses belajar mengajar. Tahap akhir para   melalui simulasi mengajar terlihat para siswa begitu antusias dalam merespons kegiatan belajar, bahkan guru-guru pun tampil secara prima dan tujuan pembelajaran tercapai.


Keywords


Strategi; pembelajaran.

References


Haryono, Agung. 2001. Pembelajaran Mandiri. SEAMOLEC.

Joyce, Bruce & Marsha Weil. 1996. Models of Teaching, Fifth Edition. USA: Allyn and Bacon A Simon & Scuster Company..

Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum

PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.

Panen, P. & Sekarwinahyu. 1997. Belajar Mandiri dalam Mengajar di Perguruan Tinggi. Program Applied Approach. Bagian 2. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Santosa, Ryadi. 2013. “Pembelajaran Teks Terpadu”. Materi Pelatihan Kurikulum 2013 (Power Point) bagi MGMP Bahasa Indonesia. Diselenggarakan pada 23 Agustus 2013 di Jakarta oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sucipto, Kosasi Raflis. 1994. Profesi Keguruan. Jakarta: Proyek P2MT Ditjen Dikti Depdikbud.

Widiasworo, E. 2017. Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar

Sekolah. AR-RUZZ Media Yogyakarta.

Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran.

Referensi (GP Press Group)


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 56 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v14i1.3092

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v14i1.3092.g1577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.