PELATIHAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN APLIKASI YOUTUBE PADA ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR

Fivy Apryliane Andries(1), Bravelly Zefanya Rorintulus(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR yang menjadi objek dari program ini, ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR adalah salah satu yang terkendala dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris. Keinginan pihak sekolah untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada para peserta didiknya tidak dapat terealisasi oleh karena tidak adanya tenaga pengajar mata pelajaran tersebut. Hal ini berakibat kepada tidak maksimalnya performance sekolah sebagai lembaga pendidikan dalam menghasilkan peserta didik yang mempunyai daya saing ditengah berkembangnya zaman dan perlunya menguasai dasar Bahasa asing khususnya Bahasa Inggris. Untuk memberi solusi terhadap permasalahan tersebut, pihak sekolah meminta pelaksana agar memberikan pembelajaran seperti pelatihan Bahasa Inggris dalam 1 semester dengan ditunjang tenaga pengajar Bahasa Inggris yang kompeten dan berdedikasi tinggi.

Target yang telah dicapai dalam pelaksanaan untuk program IbM pada ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR, khususnya untuk kelas 5 (lima) adalah:

  1. 1.        Menimbulkan ketertarikan dan minat terhadap Bahasa Inggris di kalangan peserta didik;
  2. 2.        Menanamkan rasa percaya diri (confidence) peserta didik dalam berbahasa Inggris;
  3. 3.        Meningkatkan perbendaharaan kata Bahasa Inggris (vocabulary) pesertadidik;
  4. 4.        Menghasilkan peserta didik yang menguasai Bahasa Inggris, bukan sebatas teori saja namun juga dalam berkomunikasi sehari-hari;

Adapun metode atau strategi yang digunakan pelaksana untuk mencapai target tersebut di atas adalah:

  1. 1.        Menanamkan persepsi bahwa belajar bahasa asing itu menyenangkan, dengan menampilkan tayangan dan objek-objek menarik berbahasa Inggris;
  2. 2.        Mengenalkan aplikasi youtube sebagai media yang bisa digunakan dalam belajar Bahasa Inggris;
  3. 3.        Menitikberatkan pengajaran Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi daripada hanya sebagai mata pelajaran yang cukup diketahui teorinya saja;
  4. 4.        Memberikan materi serta stimulasi dalam menajamkan keempat keterampilan berbahasa Inggris;

Setelah melakukan pelatihan sebanyak 8 pertemuan menunjukan hasil yang sangat signifikan, dimana anak-anak sekolah dasar tertarik dan minat terhadap Bahasa Inggris, percaya diri, perbendaharaan kata meningkat, dan mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Keuntungan pembelajaran dengan video adalah menghadirkan representasi gambar dan suara dari suatu peristiwa kepada peserta didik di kelas, khususnya saat ini menggunakan kelas online.


Keywords


Pelatihan; Bahasa Inggris; Youtube.

References


Angraeni, Desak Ketut. 2021. “Peran Aplikasi YouTube Dalam Menunjang Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar Pada Era New Normal.” Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya (3):175–83.

Anon. n.d. “Fransisca Article Revisi Fix.”

Astuti, Sinta Indi, Septo Pawelas Arso, and Putri Asmita Wigati. 2015. “済無No Title No Title No Title.” Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang 3(2):103–11.

Christian, Yefta, Moh Fariq Aziz, Rara Tri Kencana, Ricky Rickena Exendy, Ronny Triputra Am, Santo Tjiam, Tina Rani, and Utari Afnesia. 2020. “Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring Melalui Youtube.” Universitas Internasional Batam Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro) 2:478–86.

Devy, Handayani. 2020. “Pemanfaatan Youtube Pada Saat Pandemi COVID-19 Untuk Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Vocabulary Dan Pemahaman Siswa.” JUPENDIK: Jurnal Pendidikan 4(2):12–18.

Hamidah, Fitria Nur, Dion Yanuarmawan, Fadelis Sukya, and Polinema Psdku Kediri. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Youtube Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kreativitas Guru Bahasa Inggris SMK.” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara 4(2):365–74.

Mahendra, Mochamad Rangga. 2020. “Youtube Sebagai Media Pembelajaran.” Vocational Education of Building Construction, University of Jakarta, Jakarta (May):1–4.

Mku, Mahasiswa, Bahasa Inggris, I. A. I. Al-khoziny Sidoarjo, and Rina Rachmawati. 2021. “JURNAL WIDYALOKA IKIP WIDYA DARMA ∣ Vol. 8. ∣ No. 1 ∣ Januari 2021.” 8(1):1–16.

Onainor, E. R. 2019. “済無No Title No Title No Title.” 1(1):105–12.

Sultan, Muhammad Asrul, and Ahmad Subair. 2005. “Pelatihan Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan YouTube.” 533–35.

Wijayanti, Anita, and Yohanes Bambang Gunawan. 2021. “Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Bantuan Media Video Pendek Youtube.” RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat 5(1):14. doi: 10.35906/resona.v5i1.637.

Yusri, Yusri, Ana Rosida, Jufri Jufri, and Mantasiah R. 2018. “Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris.” Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra 2(2):77–82. doi: 10.26858/eralingua.v2i2.6760.

https://www.youtube.com/results?search_query=mengajar+bahasa+inggris+untuk+anak+sd+kelas+5+


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 168 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v14i1.3090

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v14i1.3090.g1575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.