PELATIHAN BAHASA JEPANG UNTUK PERAWAT DI UNPI MANADO

Fitri Ifi Gama(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Kerjasama bilateral antara Indonesia dan Jepang telah membuka peluang untuk tenaga kerja yang trampil dari Indonesia, khususnya perawat untuk bekerja di Jepang. Meningkatnya jumlah penduduk tua di Jepang menyebabkan kebutuhan akan perawat meningkat dari tahun ke tahun. Pemerintah Jepang telah membuka peluang untuk perawat dari luar negeri untuk bekerja di Jepang karena jumlah orang Jepang yang menjadi perawat sangat sedikit. Menangkap peluang tersebut, Fakultas Keperawatan Universitas Pembangunan Indonesia (UNPI) Manado telah menjalin kerjasama dengan pemerintah Jepang dengan mengirimkan tenaga perawat untuk magang kerja di Jepang. Kegiatan pelatihan bahasa Jepang untuk perawat di UNPI Manado dilaksanakan dengan tujuan untuk membekali para calon peserta magang kerja ini dengan pengetahuan dasar bahasa Jepang agar supaya mereka tidak akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi selama hidup dan bekerja di Jepang. Kegiatan ini disambut baik baik oleh pimpinan fakultas maupun para calon peserta magang karena belum tersedianya pembelajaran bahasa Jepang di UNPI Manado. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah untuk penguasaan tata bahasa (bunpou) dan model pembelajaran role play untuk penguasaan percakapan (kaiwa). Pada bagian akhir pelatihan, ada evaluasi berupa tes tertulis dan tes percakapan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan peserta pelatihan terhadap materi-materi yang telah diajarkan. Hasil tes tertulis maupun lisan menunjukkan hasil yang memuaskan.

 


Keywords


PKM; Pelatihan; Bahasa Jepang; Perawat.

References


Abdurrahman, Fatoni. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kraus, Ellis S dan Pempel, T.J. (2004). Beyond Bilateralism US-Japan. Relation in the New Asia Pacific. California: Stanford University.

Notoatmodjo. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Overton, Terry. (2011). Assessing Learners with Special Needs: An Applied Approach. New York: Pearson

Sutedi, Dedi. (2009). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora Utama Press.

Uno, Hamzah. (2012). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Burhanuddin. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 289 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v14i1.3089

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v14i1.3089.g1574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.