PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVIEMENT DIVISION DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN POKOK PEMBAHASAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMA NEGERI 3 TONDANO
(1) Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Manado
Corresponding Author
Abstract
Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviement Division Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi dengan Pokok Pembahasan Sistem Pencernaan Manusia di SMA Negeri 3 Tondano ”. ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas ). Jurusan Pendidikan Biologi : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Manado. Dosen Pembimbing : Dra. Fanny Nanlohy, MP. DHET dan Drs. Jemmy Sumakul, M.Pd. Masalah yang ditemukan saat obeservasi adalah pembelajaran biologi selama ini masih berpusat pada guru sedangkan siswa tidak diberikan kesempatan untuk menganalisis dan mencari masalah. Sehingga proses pembelajaran pun berlangsung kurang optimal. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviement Division Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi dengan Pokok Pembahasan Sistem Pencernaan Manusia di SMA Negeri 3 Tondano pada bulan Juli 2021, dengan jumlah siswa 27 siswa, 8 laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan ini dapat ditarik kesimpulannya bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran biologi dengan materi Sistem Pencernaan pada Manusia dikelas XI SMA Negeri 3 Tondano ternyata terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dimana pada siklus I diperoleh data sebanyak 21 siswa ( 77,77%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai ≥ 70, sedangkan 6 siswa (37,03%) yang tidak tuntas ( nilai ≤ 70) jumlah ini pada siklus I adalah 90,99% dengan nilai rata-rata kelas 77,78% sedangkan pada siklus II peneliti memperoleh prsentase ketuntasan belajar dari 26 siswa 96,30% mengalami peningkatan, sedangkan 1 siswa atau 96,66% belum mencapai standar nilai rata-rata.
The Use of Cooperative Learning Model Type Student Teams Achievement Division in Improving Student Learning Outcomes in Biology Subjects with the subject matter of the Human Digestive System at SMA Negeri 3 Tondano". (A Classroom Action Research). Department of Biology Education: Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Manado State University. Supervisor : Dra. Fanny Nanlohy, MP. DHET and Drs. Jemmy Sumakul, M.Pd. The problem found during observation is that biology learning is still teacher-centered while students are not given the opportunity to analyze and look for problems. So that the learning process takes place less than optimally. This is due to the lack of use of the learning model provided by the teacher. This study aims to determine the increase in the use of the Cooperative Learning Model Type Student Teams Achievement Division in Improving Student Learning Outcomes in Biology Subjects with the subject matter of the Human Digestive System at SMA Negeri 3 Tondano in July 2021, with a total of 27 students, 8 males. and 19 female students. The results of this research that has been carried out can be concluded that by using the cooperative learning model of the Student Teams Achievement Division type in biology subjects with the Digestive System in Humans material in class XI of SMA Negeri 3 Tondano, there was an increase in student learning outcomes. Where in the first cycle obtained data as many as 21 students (77.77%) who achieved complete learning with a value of 70, while 6 students (37.03%) who did not complete (value 70) this number in the first cycle was 90.99 % with an average grade of 77.78%, while in the second cycle the researcher obtained the percentage of mastery learning from 26 students 96.30% experienced an increase, while 1 student or 96.66% had not reached the average value standard.
Keywords
References
Daftar Pustaka
Anas, Muhammad. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa.
Arikunto, S. 2011. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta
Agung,Iskandar. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru
: “ Panduan dalam meningkatkan Profesionalisme, Kreativitas dan
Komitmen Pengembangan Profesi”. Jakarta : Bestari Buana Putri
Benjamin S. Bloom 2006 , Enam Rana Kognitif. Bumi aksara : Jakarta
Campbell,N.1997. Biologi.edisi ke empat
Dimyati Dan Mudjiono, Belajar Dan Pembalajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati-Mudjiono 2006 , Rana Kognitif ,Afektif,Psikomotor. bumi aksara : Jakarta
Majid,Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja
Rosdakarya.
Nana Sudjana, 2009. Mendefinisikan hasil belajar siswa, Buni Aksara : Jakarta
Omear Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), Hlm 30
Rusman. (2018). Model-model pembelajaran ( Mengembangkan
Profesionalisme Guru). Jakarta : Raja
Grafindo Rosdakarya.
Sudjana Nana, 2009. Mendefinisikan hasil belajar siswa, bumi aksara : jakarta
Slavin, E Robert. 2010. Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik.
Nusamedia.
Solihatin. Etin. dan Raharjo. 2009. Cooperative Learing Analisis Model Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract View : 226 timesPDF Download : 0 times
DOI: 10.36412/abdimas.v15i1.3083
DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v15i1.3083.g1662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.