PELATIHAN BAGI ORANGTUA MENGASUH ANAK PADA ERA PANDEMI COVID 19 DI KOTA MANADO

Julduz R Paus(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan akan dicapai dalam kegiatan ini yaitu agar peserta Pendidikan dan Latihan (Diklat) dalam hal ini para orangtua yang memiliki anak usia dini mendapatkan seperangkat pengetahuan teoritis, sikap positif dan keterampilan fungsional disertai kemauan terkait dengan belajar anak usia dini atau cara belajar anak usia dini. Untuk mencapai tujuan tersebut ditempuh dengan pendekatan Diklat Pembelajaran Bagi para orangtua yang memiliki anak usia dini dan saat ini sedang mengikuti pendidikan di Raudatul Alfal (RA) Yayasan Baitush Sholohin Kelurahan Paniki Satu Kota Manado. Kegiatan Diklat dilakukan melalui prosedur: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan dan (c) evaluasi. Kegiatan pada perencanaan antara lain dalam bentuk need asessman yang berhubungan dengan kebutuhan belajar calon warga belajar (peserta diklat), potensi lokal yang mendukung pelaksanaan kegiatan (budaya dan ketersediaan sarana prasarana). Kegiataan lainnya yaitu penentuan materi antara lain: (1) Perkembangan Anak Usia Dini,   (2) Cara Belajar Anak Usia Dini dan (3) Praktek Pembelajaran. Nara sumber terdiri dari, Akademisi (Dosen Prodi PLS FIP-UNIMA FIP UNIMA. Metode penyampaian (ceramah, diskusi, demonstrasi, brainstorming dan inquiri, waktu dan tempat pelaksanaan, acara pembukaan, pelaksanaan dan penutupan kegiatan. Dalam pelaksanaan pelatihan, setiap nara sumber wajib memiliki naskah dalam bentuk power point dan Print out materi lengkap dengan pre tes dan post test yang sebelumnya diserahkan kepada panitia. Menggunakan metode bervariasi dan berdiri disaat menyajikan materi. Usai penyajian seluruh materi dilanjutkan dengan praktek pembelajaran yang dilakukan dalam bentuk kelompok kecil peer teaching 8-10 orang. Hasil yang dicapai lewat pelatihan tersebut yaitu umumnya para peserta pelatihan memiliki pengetahuan dasar teoritis dan kemampuan mempraktekan cara membantu anak usia dini belajar dirumah  pada masa Pandemi Covid 19 ini. Disarankan agar ibu-ibu rumah tangga terutama yang memiliki anak usia dini dilibatkan dalam pelatihan tentang cara anak usia dini belajar. Pada acara penutupan diserahkan sertifikat bagi para peserta.


Keywords


Anak usia dini, orang tua, diklat (pendidikan dan pelatihan).

References


Anonimus. 2005. “Undang-Undang Negera Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen”. Citra Umbara. Bandung.

Anonimus. 2005. “Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan”. BP. Cipta-Jaya. Jakarta.

Anonimus, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta penjelasannya. FM. Fokus Media. Bandung.

Arif, Zainuddin. (1994). Andragogi. Bandung: Angkasa.

Asmin, Konsep dan Metode Pembelajaran Untuk Orang Dewasa (Andragogi),http://www. depdiknas.go.id/Jurnal/34/konsep_dan_metode_pembelajaran.htm,Diakses tanggal 11 November 2006.

Knowles, Malcolm S. (1970). "The modern practicsof adult education, andragogy versus ". New York : Association Press.

Lunandi, A, G. (1987). Pendidikan orang dewasa. Jakarta: Gramedia.

Piaget, J. (1959). "The growth of logical thinking from childood fo adolescence. New York : Basic Books.

M. Thoyib. (2006). Memfasilitasi Pelatihan Partisipatif (Pengantar Pendidikan Orang Dewasa), http://depsos.go.id/modules.php?name=News&file=print&sid=209, diakses tanggal 11 November 2006.

Tamat, Tisnowati. (1984). Dari Pedagogik ke Andragogik. Jakarta: Pustaka Dian. http://www. oocities.org/teknologipembelajaran/andragogi.html. Diakses, 11 Pebruari. 2016 Pkl. 11,21

http://ayaadin.blogspot.com/2013/02/standar-dan-prinsip-embelajaran.html.Download Jumat, 21 Maret 2014

http://www.republika.co.id/beri/kemendikbud/opini-kemendikbud/14/09/02/nb9emglang-masyarakat-ekonomi-asean-siapkan-diri-dengan-uji-kompetDiakses,ensi. diakses, 15 Des. 2016 Pkl. 13.12. wita.

http://www.infokursus.net/sie/rekap-lkp.php. Diakses, Sabtu 17 Des. 2016. Pkl. 13. 20. Wita.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 64 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v14i2.3080

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v14i2.3080.g1573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.