PKM PENINGKATAN SISTEM KEAMANAN LINGKUNGAN PADA MASA PENDEMI DI KOTA MANADO

Abdul Rahman Dilapanga(1), Jeane Mantiri(2), Chynthia Maria Siwi(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Kegiatan PKM ini yang merupakan salah satu perwujudan dari tri dharma perguruan tinggi merupakan penerapan ilmu yang diperoleh secara teoritis untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, sehingga ilmu yang diperoleh dapat di aplikasikan dan di konstribusikan ke kehidupan masyarakat luas khususnya dalam bidang keamanan untuk mendukung pemberdayaan dalam bentuk pendampingan masyarakat dalam rangka mendukung layanan daerah wisata (Kota Manado) yang berdampak secara sosial, budaya dan ekonomi. Hasil yang didapatkan adalah secara umum kegiatan PKM dapat dikatakan berhasil dan sebagai harapan bahwa penerapan sistem keamanan lingkungan nantinya lebih baik dengan adanya Kerjasama dan koordinasi yang baik antara Pemerintah dan Masyarakat sehingga dapat tercipta suatu Sistem Keamanan Lingkungan yang menjamin kenyaman dan keamanan masyarakat khusunya di Kelurahan Winangun Satu Kota Manado.


Keywords


Sistem Keamanan Lingkungan, Siskamling, Kota Manado.

References


N. Amallia, “PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM SISTEM KEAMANAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT,” JISIP, vol. 2, no. 1, 2020.

“IDENTIFIKASI PENGARUH SISTEM KEAMANAN LINGKUNGAN TERHADAP TINGKAT KEJAHATAN PENCURIAN DI KOTA SURAKARTA DENGAN METODE SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS,” J. Geod. Undip, vol. 8, no. 1, 2019.

H. Setiadi, R. Dwi Astuti, and R. Anggrainingsih, “Implementasi Smart Security Camera Pendukung Sistem Keamanan Lingkungan Mandiri Berbasis Internet Of Thing (IoT),” Pros. Konf. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy. dan Corp. Soc. Responsib., vol. 2, 2019.

J. Mantiri, A. R. Dilapanga, and C. Mongi, “Evaluasi Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tomohon,” J. Kaji. Kebijak. dan Ilmu Adm. Negara (JURNAL Adm., 2020.

A. Dilapanga, Pengembangan Organisasi. Tondano, 2020.

F. Gozali and Y. I. Basori, “Sistem Keamanan Lingkungan Perumahan Berbasis Web Menggunakan Raspberry PI,” Jur. Tek. Elektro Fak. Teknol. Ind. Univ. Trisakti, vol. 14, 2016.

F. Kuhu, A. R. Dilapanga, and J. Mantiri, “Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum dalam Penyediaan Air Bersih di Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara,” J. Kaji. Kebijak. dan Ilmu Adm. Negara (JURNAL Adm., 2019.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 148 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v14i2.3058

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v14i2.3058.g1570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.