PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT (COMMUNITY BASED TOURISM - CBT) DI KAWASAN PESISIR DANAU TONDANO KABUPATEN MINAHASA

Sisca B Kairupan(1), Marthinus M Mandagi(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Kabupaten Minahasa adalah daerah yang kaya akan sumberdaya alam, baik hayati maupun non hayati serta sumberdaya buatan. Kesemua sumberdaya tersebut berpotensi untuk dikembangkan sebagai obyek-obyek wisata. Data yang ada pada Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Minahasa tercatat bahwa Kabupaten Minahasa memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan pariwisata terkait dengan usaha pemerintah Kabupaten Minahasa mengembangkan pariwisata di daerahnya. Pada kenyataannya Pariwisata di pesisir Danau Tondano yang memiliki potensi tinggi tersebut tidak mampu bersaing dengan daerah tetangganya, banyaknya potensi wisata di Kabupaten Minahasa, sudah seharusnya membuat Kawasan Pesisir Danau Tondano dalam hal pariwisata, atau setidaknya dapat bersaing dengan daerah tetangganya satu provinsi. Hasil yang didapatkan adalah Pengembangan kawasan wisata masyarakat di kawasan pesisir Danau Tondano oleh pemerintah Minahasa akan bermanfaat bagi penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, pelestarian lingkungan dan budaya lokal yang dapat memperkuat perekonomian masyarakat. Model pengembangan CBT sebagai strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal di kawasan pesisir Danau Tondano, pemerintah negara bagian Minahasa, dikembangkan dengan mempertimbangkan potensi pengembangan Pariwisata yang ada di Kawasan Pesisir Dananu Tondano Kabupaten Minahasa.


Keywords


CBT, Dinas Pariwisata, Danau Tondano

References


T. P. D. Undang-Undang No 32 Tahun 2004, “Undang-Undang No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah,” Dpr, 2004.

“Buku Saku Kementerian Pariwisata.” Kementerian Pariwisata, 2016.

“RPIJM 2015-2019 (RPIJM) KABUPATEN MINAHASA.” sippa.ciptakarya.pu.go.id, KABUPATEN MINAHASA, 2015.

P. Pangemanan, J. Luntungan, J. Waworuntu, and H. Pangkey, “Profil Pariwisata Pesisir Kabupaten Minahasa, Kota Manado Dan Kota Bitung, Sulawesi Utara.,” 2002.

2004, “Peraturan Daerah nomor 24 Tahun 2004 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2010-2025 Kabupaten Minahasa.” KABUPATEN MINAHASA.

J. Mantiri, “PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERKUALITAS di PROVINSI SULAWESI UTARA,” J. Civ. Educ. Media Kaji. Pancasila dan Kewarganegaraan, 2019.

W. Borg and M. Gall, Educational Research: An Introduction, 5th Editio. New York: Longman, 1983.

sugiyono, “metode penelitian pendidikan (kuantitatif kualitatif dan R & D),” Bandung Alf., 2016.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 207 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v14i2.3055

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v14i2.3055.g1567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.