PENGAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SD MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KONSEP THREE PERIOD LESSON
(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author
Abstract
Penguasaan kosa kata Bahasa Inggris yang sangat kurang pada siswa yang duduk di bangku SD menjadi salah satu penyebab tidak mudahnya dalam penguasaan Bahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengajaran Bahasa Inggris di tingkat SD dan kurangnya tersedia tenaga pengajar yang berlatarbelakang pengajar Bahasa Inggris. Untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan membantu mengajar dan memfasilitasi pengajaran Bahasa Inggris meski hanya dengan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan kurang lebih 3 bulan sejak bulan April 2021 sampai dengan Juni 2021. Kegiatan pengenalan kosa kata Bahasa Inggris dilakukan melalui 3 media, yang pertama menggunakan lagu, kedua gambar, dan yang ketiga adalah dengan menggunakan permainan atau game. Setelah menerapkan 3 media tersebut siswa diuji dengan tes kosa kata Bahasa Inggris dan hasilnya menunjukan siswa mampu meningkatkan penguasaan kosa kata dan mereka sangat antusias dalam belajar Bahasa Inggris. Dengan menggunakan media lagu, gambar, dan permainan para siswa tidak merasa bosan dan membantu memori mereka dalam penguasaan kosa kata Bahasa Inggris.
Keywords
References
Agustina, Sri Dewi, Pd Mts Negeri, Model Palembang November, Pendahuluan Bahasa Inggris, Di Indonesia, and Sugeng Wahyudi. 2012. “Pembelajaran Model Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa.” (November).
Anon. 2020. “Http://Stp-Mataram.e-Journal.Id/JHI.” 9(2).
Anum, A., and N. Novalia. 2021. “Peningkatan Kualitas Pendidikan Siswa Melalui Bimbel Bahasa Inggris Gratis Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS) 2(1).
Fitriyani, Eka, and Putri Zulmi Nulanda. 2017. “Efektivitas Media Flash Cards Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 4(2):167–82. doi: 10.15575/psy.v4i2.1744.
Florida, Nelino, César López, and Vicente Pocomucha. 2012. “CORE View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk.” 2(2):35–43.
Hardi, Maulidi Juni, Dedi Rahman Nur, Article Info, and English Language. 2021. “PENGENALAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN POSTER DI.” 1(01):1–4.
Ismail, Nur, Safawati Zaid, Misrah Mohamed, and Nurazan Rouyan. 2017. “Vocabulary Teaching and Learning Principles in Classroom Practices.” Arab World English Journal 8(3):119–34. doi: 10.24093/awej/vol8no3.9.
Lindawati, Ni Putu. 2019. “Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card.” Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel 2(2):59. doi: 10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40.
Susanto, Alpino. 2017. “The Teaching of Vocabulary: A Perspective.” Jurnal KATA 1(2):182. doi: 10.22216/jk.v1i2.2136.
Widya, Widya, Tiarma Ika Yuliana, and Yulia Sofiani. 2018. “Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Dengan Media Realia Dan Flash Card.” Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat 1(01):39. doi: 10.30998/jurnalpkm.v1i01.2359.
Widyastuti (Scopus ID 57210281451), Ima, and Victa Sari Dwi Kurniawati. 2020. “Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak Melalui Lagu.” WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan 4(1):14. doi: 10.30738/wa.v4i1.6239.
Article Metrics
Abstract View : 549 timesPDF Download : 1 times
DOI: 10.36412/abdimas.v14i2.3049
DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v14i2.3049.g1562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.