PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM) TEKNIK PEMBELAJARAN KREATIF PADA GURU PAUD DI KELURAHAN TUMINTING KOTA MANADO

Lenie Ratag(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk: 1) Peningkatan Kompetensi dan Keterampilan Tenaga Pendidik di PAUD Kelurahan Tuminting Kota Manado, 2) agar ditemukan metode pembelajaran yang dianggap inovatif dan menarik untuk PAUD Kelurahan Tuminting Kota Manado. Program Kemitraan Mayarakat ini bertempat di Kelurahan Tuminting Kota Manado dengan menggunakan metode diskusi dan lokakarya. Simpulan yang dihasilkan adalah: 1). Pelaksanan seluruh program kegiatan kemitraan berjalan dengan lancar karena partisipasi mitra baik pengolala maupun pendidik Paud yang bersedia secara aktif mengikuti pelatihan dan kegiatan pendampingan dalam upaya perbaikan lembaganya, 2). Metode pembelajaran yang kreatif inovatif akan semakin banyak masyarakat yang mempercayakan anak usia dini dididik/ di sekolahkan di PAUD Kelurahan Tuminting Kota Manado, 3). Ketercapaian tujuan program, yakni peningkatan kemampuan dan kompetensi Tenaga Pendidik dalam melakukan pengembangan program pembelajaran anak-usia dini serta Manfaat yang diperoleh peserta dan lembaga juga menunjukan hasil yang positif.

Keywords


PAUD, Kelurahan Tuminting, Tenaga Pendidik

References


Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Roesli, Rofita.2016 .Pendidikan Anak Usia Dini di Pedesaan,kunci untuk menghidupkan Potensi Indonesia. World Bank Blog

Muttaqin,Tatang.2016. Desa dan PAUD terpadu. Pendidikan di The Interuniversity Center for Social Science Theory and Methodology (ICS) University of Groningen The Netherlands

Syarkani dan Siraj. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Budaya pada Mahasiswa FKIP Fisika Universitas Al Muslim(Laporan Penelitian DPRM Dikti, 2018).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta. Available at: https://luk. staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud 137-2014StandarNasionalPAUD.pdf.

Depdiknas. 2006. Pedoman Pembelajaran di TK. Jakarta

Roestiyah ,N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Suyadi. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Yogyakarta: DIVA Press.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 51 times
PDF Download : 6 times

DOI: 10.36412/abdimas.v13i2.2165

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v13i2.2165.g1352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.