PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM) PENGELOLAAN KEUANGAN SEDERHANA UNTUK USAHA KECIL DI KELURAHAN WANEA KOTA MANADO

Robert R. Winerungan(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Kelurahan Wanea Kota Manado memiliki banyak Pelaku UMKM yang sudah lama berjalan, namun masih ditemukan permasalahan dalam pemahaman pelaku usaha kecil dalam pengelolaan keuangan dalam menjalakan usaha mereka, maka dari itu adapun tujuan dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah; 1) Untuk meningkatkan Pengetahuan Pelaku Usaha Kecil di Kelurahan Wanea Kota Manado Mengenai Pengelolaan Keuangan sederhana, 2). Memberikan pelatihan mengenai Pengelolaan Keuangan Sederhana Untuk Usaha Kecil di Kelurahan Wanea Kota Manado. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini Bertempat di Kelurahan Wanea Kota Manado. Simpulan yang didapatkan dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah; 1) Kegiatan pengelolaan keuangan bagi usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di Kelurahan Wanea Kota Manado berjalan dengan lancar. Semua peserta antusias mengikuti acara hingga selesai dan merasakan manfaat pelatihan bagi kemajuan usaha mereka, 2) Kegiatan pendampingan dan bimbingan pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan dengan teknik pembukuan sederhana sudah sesuai tahapan-tahapan yang ada dan terdapat peningkatan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam menyiapkan laporan keuangan usahanya.

Keywords


Pengelolaan Keuangan, UMKM, Kelurahan Wanea

References


Griffin, Ricki W dan Ronal J Ebert. 2007. Bisnis Edisi 8. Jakarta: Erlangga.

D. Hapsari, A. Hasanah, "Model Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Mikro Di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang," Jurnal Akuntasi, 4 (2), 36, (2017).

V. Rivai, "Commerical Bank Management: Manajemen Perbankan dan Teori ke Praktik," Edisi 1. Cetakan 1. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

S. Warsono, "Akuntansi UMKM Ternyata Mudah Dipahami dan Dipraktikkan," Yogyakarta: Asgard Chapter, 2010.

J. Mantiri, C. Siwi, and M. Korompis, “The Implementation of Micro Business=Development in the Department of Cooperative and SMEs of Minahasa Regency,” 2019


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 57 times
PDF Download : 13 times

DOI: 10.36412/abdimas.v13i2.2161

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v13i2.2161.g1349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.