KKN PPM PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ALAM DI SMK KRISTEN IMANUEL LAIKIT

Djeli Tulandi(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Pemberdayaan masyarakat khususnya komunitas mahasiswa, guru dan siswa dalam menghadapi tantangan di era 4.0 dan era new normal merupakan hal penting untuk dilakukan dan perlu mendapat perhatian dari negara dan masyarakat. KKN PPM pembelajaran berbasis alam yang terintegrasi dalam kegiatan blended learning yang dilaksnakan di SMK Imanuel Laikit Minahasa Utara dan juga melibatkan mahasiwa bertujuan agar dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam penguasaan konsep fisika dan meningkatkan kemampuan mahasiswa mendesain bahan ajar blended learning. Metode kegiatan adalah implementasi blended learning melalui kegiatan tatapmuka dan melakukan pengamatan di alam khususnya di PLTA Tonsealama Minahasa. Hasil kegiatan KKN PPM menunjukkan bahwa atmosfer akademik di sekolah semakin baik, mahasiswa mampu mengimplementasikan kegiatan blended learning dan bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Pemberdayaan masyarakat lewat program KKN-PPM merupakan suatu kegiatan inovasi yang diharapkan terus dilakukan oleh pihak perguruan tinggi.

Keywords


atmosfer akademik, blended learnig, pembelajaran berbasis alam

References


.Ashad M,Ali M,Pasaribu M.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu . Jurnal

Pendidikan Fisika Tadulako.Vol 1 No 2:39-43

.Gurell D.K, Eryilmaz A and Mcdermott L.C.2016. Identifying pre-service physics teachers’ misconceptions and conceptual difficulties about geometrical optics.

European Journal of Physics 37 (2016) 045705 (30pp)

.Masson A, Singh C.2016. Using categorization of problems as an instructional tool to help introductory students learn physics. Phys. Educ. 51 025009

.Sujarittham T, Emarat N, Arayathanitkul K, Sharma M D, Johnston I, and Tanamatayara J.2015. Developing specialized guided worksheets for active learning in physics lectures. Eur. J. Phys.37 (2016) 025701 (17pp)

.Narang G, 2018. Bachelor of Science Physics, Lovely Professional UniversityLPU https://www. quora.com/Why-isphysics-related-to-nature

.Sandy M, Setiawan A, Rusnayati H.2012. Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Komponen Literasi Sains. Universitas Pendidikan Indonesia

.Tulandi D. 2014. Buku Ajar Fisika Lingkungan

.Silangen, P. 2015. Model pengembangan danau Linow sebagai lab alam prodi fisika, konsentrasi geothermal FMIPA Unima. Universitas Negeri Manado

Wijayanti, W. 2017. Pengembangan perangkat blended learning berbasis LMS dengan model inkuiri pada materi listrik dinamis. [Skripsi]. Bandar Lampung

Universitas Lampung.

Grant, R. 2001. Teaching and Learning With Information and Communication Technology: Succes Through a Whole School Approach. National Educational Computing Conference, July 25-27. Chicago. Copyright Office. (ERIC Document Reproduction Service No. ED462943)


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 363 times
PDF Download : 29 times

DOI: 10.36412/abdimas.v13i2.2157

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v13i2.2157.g1346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.