PKM PENGEMBANGAN DAN MANAJEMEN BUMDES DI DESA TIWOHO KECAMATAN WORI KABUPATEN MINAHASA UTARA

Cynthia Maria Siwi(1), Jetty Erna Hilda Mokat(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah; (1) Memenej dan menata kelembagaan Adminitrasi Desa Tiwoho khususnya pada tata kelola struktur administrasi BUMDes di Desa Tiwoho Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara; (2) Melalui Penguatan Sumber daya; Pelaku usaha dapat kreatif, inovativ dan termotivasi Menumbuhkan sikap kemandirian dan kualitas hidup masyarakat desa tiwoho; (3) Adanya pendampingan dan keberlanjutan pengembangan jenis usaha melalui pemanfaatan dana BUMDes. Lokasi pengabdian bertempat di Desa Tiwoho Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa, menggunakan metode Focus Group Disscussion (FGD), ceramah, partisipatif, dan latihan. Hasil yang didapatkan adalah Pada dasarnya semua program yang dikerjakan tidak lepas dari apa yang menjadi kebutuhan di Desa Tiwoho, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara. Hal tersebut juga menjadi latar belakang dari perencanaan serangkaian pengadaan program baik kelompok yang menjadi program unggulan. Secara keseluruhan, berbagai program PKM dapat dilaksanakan dan berjalan sesuai dengan sasaran yang telah direncanakan.

Keywords


Administrasi, Tiwoho, BUMDes

References


KNKG. 2006. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia. Komite Nasional Kebijakan Governance

Pemerintah Daerah Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Desa

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Peraturan Pemerintah No 72 Tahun 2005 tentang Desa

Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan. 2007. Buku Panduan Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. Departemen Pendidikan Nasional. Fakultas Ekonomi. Universitas Brawijaya.

Putra, A.S., 2015, Badan Usaha Milik Desa: Spirit Usaha Kolektif Desa. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5495.

Irwanto. 2006. Keanekaragaman Fauna pada Habitat Mangrove. Yogyakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 69 times
PDF Download : 23 times

DOI: 10.36412/abdimas.v13i2.2156

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v13i2.2156.g1345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.