PKM PENGARUH PELATIHAN FITNESS SISWA SMA NEGERI 3

Bacilius Sukadana(1), Ellen Lomboan(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Fitness memerlukan kekuatan oto dan daya tahan otot memerlukan komponen kondisi fisik yang baik sehingga seseorang dapat berlatih sesuai dengan otot apa yang ingin ditingkatkan. Untuk dapat memiliki otot yang baik sudah tentu harus melalui pelatihan yang berulang-ulang dan sistematis kian hari menambah beban pelatihannya Prestasi olahraga dipengaruhi oleh aspek-aspek antara lain : atlet, pelatih, dokter, lingkungan sekitar, program latihan, gizi (Makanan), model latihan, waktu istirahat yang cukup. Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh pelatih ataupun guru olahraga untuk meningkatkan prestasi olahraga secara maksimal. Setiap usaha untuk meningkatkan prestasi olahraga latihan fisik merupakan salah satu unsur yang sangat diperlukan.Walaupun telah memiliki teknik, mental yang baik tidak dilandasi dengan kondisi fisik merupakan salah satu unsur yang sangat diperlukan.walaupun telah memiliki teknik, mental yang baik tidak dilandasi dengan kondisi fisik yang prima maka sangat sulit mendapatkan prestasi yang diharapkan.Dalam prmainan bola basket memerlukan penguasaan teknik dasar yang baik serta program latihan yang tepat dan terprogram secara sistematis.

References


Imam Sodikun. Olahraga Pilihan BolaBasket, Depdikbud, Dirjen Pendidikan Tinggi, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, 1992.

Mohamad Sajoto. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta; Depdikbud, Dirjen Pendidikan Tinggi, PPLPTK, 1988.

Mziki90.blogspot.com/2016/10/Pengertian fitness dan manfaatnya,html. Diposting oleh Dycky Marine di 11.16.

Ngurah Nala. Pelatihan Fisik Olahraga. Program Pascasarjana Program Studi Fisiologi Olahraga universitas Udayana.Denpasar 1998.

Sujudi Imam Permainan Dan Organisasi Pertandingan, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Universitas Terbuka, Jakarta 1986.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 225 times
PDF Download : 22 times

DOI: 10.36412/abdimas.v12i3.1070

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v12i3.1070.g994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.