PENERAPAN TEKNOLOGI MIX DESIGN BETON PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN PARA TUKANG BANGUNAN

Rolly Oroh(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Keterampilan kerja kelompok jasa pertukangan di desa mitra masih kurang dan belum bisa menjamin mutu produksi kerja bangunan beton. Permasalahan inti mitra adalah kurangnya informasi, pengetahuan, keterampilan, dan wadah pelatihan tentang bagaimana teknologi mix design beton pada proses membangun rumah beton. Target luaran yang dapat dicapai dalam kegiatan ini, adalah: (a) Terbentuknya masyarakat mitra yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik tentang teknologi mix design beton, sehingga produktifitas dan pola kerja mitra menjadi meningkat; dan (b) Terciptanya profil manajemen usaha yang produktif dan informatif dalam usaha jasa pertukangan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, berdasarkan kesepakatan dengan masyarakat mitra, adalah: (1) sosilaisasi, (2) pendidikan, dan (3) pendampingan. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah masyarakat mitra telah memiliki peningkatan ketrampilan tentang teknologi mix design beton dalam membangun rumah beton.

Keywords


teknologi mix design beton; tukang bangunan; rumah beton

References


Ramezanianpour, A.A., 2014, Cement Replacement Materials, Properties, Durability, Sustainability, Springer, Verlag Berlin Heidelberg 2014.

Mehta, M., Scarborough, W., Armpriest, D., 2013. Building Construction, Principles, Materials, and Systems, Second Edition. New York: Pearson Education, Inc., Prentice Hall.

Mehta, P.K., and Monteiro, P.J.M., 2006, Concrete, Microstructure, Properties, and Materials, The McGraw-Hill Companies, Inc., USA.

Kurdowski, W., 2014, Cement and Concrete Chemistry, Springer Science+Business Media B.V. 2014.

Mulyono, T., 2005, Teknologi Beton, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjokrodimuljo, K., 2000, Teknologi Beton, Cetakan kedua, Nafiri, Yogyakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 245 times
PDF Download : 32 times

DOI: 10.36412/abdimas.v12i3.1063

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v12i3.1063.g987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.