LITERASI DIGITAL : PELATIHAN BAGI PEMUDA GEREJA GMIM BUKIT ZAITUN SEA MITRA

Alfrina Mewengkang(1), Marssel Michael Sengkey(2), Reynaldo Joshua Salaki(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Sam Ratulangi
Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan bagi Pemuda Gereja GMIM Bukit Zaitun Sea Mitra dengan melakukan pengabdian pada peningkatan pemahaman yakni dimulai dari aspek Pengertian Literasi Digital, Pentingnya Literasi Digital, Dampak Literasi Digital, dan Elemen Literasi Digital. Kegiatan ini akan mengambil sebelas responden yang merupakan perwakilan dari sebelas kelompok pelayanan sebagai sampel untuk melihat tingkat pemahaman dari lima aspek yang ditekankan dengan tahapan Pre-Test, pelatihan dan Post-Test. Hasil pengabdian ini akan diukur melalui hasil akhir Post-Test guna mengevaluasi pengaruh setelah diberikan pelatihan literasi digital kepada peserta yakni pemuda gereja.

Keywords


Literasi Digital; Pemahaman; Pemuda Gereja

References


Akbar M.F dan Anggaraeni F. D.(2017). Teknologi dalam Pendidikan: Literasi Digital dan Self-Directed Pada Mahasiswa Skripsi. Jurnal INDEGENOUS, Vol.2 , No.1.

Belshaw D.A.J. (2011). What id “Digital Literacy”?. Durham University, United Kingdom.

Gilster. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley.

Hague dan Payton. (2010). Digital Literacy Across the Curriculum. Bristol :Futurelab.

Kurnianingsih I, Rosini & Imayati N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 3, No.1.

Martin & Allan. (2008). Digital Literacy and the ‘Digital Society’ daLAM Lankshear C. dan Knobel, M. Digital Literacies: concepts, policies and practies. Die Deutsche Bibliotek

Nurjanah E, Rusmana A, dan YantoA. (2017). Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Jurnal Lentera Pustaka UNDIP 3 (2).

Silvana H & Cecep. (2018). Pendidikan Literasi di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Pendidikan PEDAGOGIA Vol. 16, No.2.

Stella Stefany1, Nurbani2, & Badarrudin. (2017). Literasi Digital dan Pembukaan Diri: Studi Korelasi Penggunaan Media Sosial Pada Pelajar Remaja di Kota Medan. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi SOSIOGLOBAL 2 (1).

Subrahmanyam, Smahel & David (2010). Digital Youth: The Role of Media in Development. London: Springer Science & Business Media.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 480 times
PDF Download : 47 times

DOI: 10.36412/abdimas.v12i3.1061

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v12i3.1061.g985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.