VIDEO YOUTUBE DALAM PENGAJARAN BASIC LISTENING

Rinny Rorimpandey(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan video Youtube terhadap pemahaman dalam listening(menyimak) pada matakuliah Basic Listening semester 1 Jurusan Bahasa Inggris. Youtube dapatlah menjadi sarana belajar dan media pembelajaran yang dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pelajar. Ada banyak jenis video dengan berbagai macam topik yang unik, menarik dan menyenangkan untuk dinikmati dan yang dapat digunakan dalam pelajaran di kelas. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian eksperimen Pretest dan Post-test Control group. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Bahasa Inggris FBS Unima Tondano. Populasi Penelitian adalah seluruh semester 1 yang berjumlah 250 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Dari hasil perhitungan menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 69,032 kemudian menjadi 80,403. Hal ini berarti bahwa di kelas eksperimen terjadi peningakatan sebesar 11,37. Untuk kelompok kontrol pada saat pretest sebesar 69,141 dan pada saat post-test sebesar 73,828. berarti terjadi kenaikan sebesar 4,69. Meskipun kedua kelas sama-sama mengalami kenaikan rata-rata, namun kenaikan rata-rata posttest pada kelas eksprimen lebih besar dibandingkan post-test kelas kontrol dan bobot keefektifan sebesar 9,5%. Kesimpulannya adalah nilai pemahaman listening pada matakuliah Basic Listening lebih tinggi dengan yang menggunakan video youtube dibandingkan dengan menggunakan media konvensional. Sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman listening mahasiswa Jurusan Pendidik Bahasa Inggris antara yang diajar dengan media video dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional.

References


Anderson Ronald H. (1994). Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran (terjemahan Yusufhafi Miarso, dkk). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Annurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Alfabet

Arif S. Sadiman,dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Asyhar, R. (2001). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gunung Persada Press

Azhar Arsyad, (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Brown, H. Douglas. 2000. Principles of Language Learning and Teaching 4th ed. San Fransisco: Pearson Education Ltd.

Jack C. Ricards, (2004). Listen Carefully. Oxford University Press.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, FBS UNY.

Nunan, David. 1991. Language Teaching Methodology: A Textbook for Teachers. London: Prentice Hall.

Nurgiyantoro, Burhan., dkk. 2010. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Rayandra Asyar. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Pers

Sadiman, Arief S., dkk. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana (2004). -Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Aglensindo Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukamadinata. (2002). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : UPI dan PT. Remaja Rosdakarya

Sukardi, H.M. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, H.G. (1999). Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung Angkas


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 567 times
PDF Download : 41 times

DOI: 10.36412/abdimas.v12i2.1052

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v12i2.1052.g998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.