IMPLEMENTASI PERMENDAGRI NOMOR 2O TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI KECAMATAN TOMBATU

Piter Mokalu(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yangberwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Desa merupakan garda terdepan dalam pelayanan masyarakat, hal ini dikarenakan desa bersentuhan langsung dengan masyarkat, kenyataan itu menjadi dasar pemerintah sekarang ini untuk membangun Indonesia dari desa, hal itu ditunjang dengan pemberian dana yang melimpah, namun pada kenyataannya kesiapan masing-masing desa berbedabeda. Keuangan Desa adalah semua hak dan kewajiban Desa yang dapat dinilai dengan uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban Desa. Pengelolaan Keuangan Desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan Desa. Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desaadalah kepala Desa yang karena jabatannya mempunyai kewenangan menyelenggarakan keseluruhan pengelolaan keuangan Desa.

Keywords


Implementasi; Pengelolaan; Keuagan Desa

References


“Analisis Sistem Pengelolaan Dana Desa Berdasarkan Regulasi Keuangan Desa”. https://www.researchgate.net/public ation/323384179

“Badan Pusat Statistik Kabupaten Minahasa Selatan Nama-nama Kepala Desa Kabupaten MITRA.” https://mitrakab.bps.go.id/statictable /2018/01/26/60/ daftar-namanama-kepala-desa-di-kabupaten-minahasa-tenggara-2016.html

“Bupati Sumendap Minta Kepala SKPD dan Kumtua Harus Paham Pengelolaan Keuangan.” http://sulutdaily.com/bupatisumendap-minta-kepala-skpd-dankumtua-harus-paham-pengelolaankeuangan/

“Gelar Bimtek SISKEUDES, Pemkab Mitra Perkuat SDM Aparat Desa.”

https://beritamanado.com/gelarbimtek-siskeudes-pemkab-mitraperkuat-sdm-aparat-desa/

“Pengelolaan Keuangan Desa Permendagri 20 2018 – Keuangan Desa.info - Mengawal Tata Kelola Keuangan Desa.”

https://www.keuangandesa.info/ 2018/05/pengelolaan-keuangandesa-permendagri-20-2018.html

“Peningkatan Kemampuan Tata Kelola Keuangan Desa.” http://pengabdian.lppm.itb.ac.id/pengabdian/laporanpengabdian/peningkatan-kemampuantata-kelola-keuangan-desa “Siskeudes Aplikasi Gratis Untuk Transparansi Keuangan Desa.”

https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/15734/aplikasi-siskeudesuntuk-transparansi-keuangandesa/0/artikel_gpr

https://beritamanado.com/gelar-bimteksiskeudes-pemkab-mitra-perkuatsdm-aparat-desa/

Indonesia. Peraturan Pemerintah Tentang Peraturan Pelaksanaan UndangUndang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. PP Nomor 43 Tahun 2014.

Indonesia. Peraturan-Pemerintah Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan UndangUndang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, PP Nomor 47 Tahun 2015.

Indonesia. Undang-Undang Tentang Desa, Nomor 6 Tahun 2014, LN Nomor 7 Tahun 2014, TLN Nomor 5495.

Kementerian Dalam Negeri, Peraturan Menteri Dalam Negeri Tentang Pengelolaan Keuangan desa, Permendagri Nomor 20 Tahun 2018, Berita Negara Republik Indonesia Nomor 611 Tahun 2018.

Kementerian Dalam Negeri, Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Tentang Pengelolaan Keuangan desa, Permendagri Nomor 20 Tahun 2018.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, “Aplikasi Siskeudes untuk Transparansi Keuangan Desa”,

https://kominfo.go.id/index.php/content/ detail/15734/aplikasisiskeudes-untuk-transparansikeuangan-desa/0/artikel_gpr Khoiriah, Siti.; Utia Meylina, “Analisis Sistem Pengelolaan Dana Desa”, MasalahMasalah Hukum, Jilid 46, No. 1, Januari 2017.

Tumiwa, Vijay L. “Kinerja Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara Dalam Program Bantuan Peningkatan Hasil Pertanian Di Desa Betelen Kecamatan Tombatu.”


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 542 times
PDF Download : 52 times

DOI: 10.36412/abdimas.v12i1.1049

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v12i1.1049.g1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.