POLA PEMBINAAN STRATEGIS PEMUDA DI WILAYAH PELAYANAN MANADO MAPANGET TUMPA KOTA MANADO

Joupy Gustaf Zumondak Mambu(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Program penyuluhan ini bertujuan untuk menyikapi berbagai permasalahan generasimuda yang muncul pada saat ini antara lain: Dirasa menurunnya jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme di kalangan masyarakat termasuk generasi muda. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya. Belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik yang formal maupun non formal. Tingginya jumlah putus sekolah yang diakibatkan oleh berbagai sebab yang bukan hanya merugikan generasi muda sendiri, tetapi juga merugikan seluruh bangsa. Kurangnya lapangan kerja / kesempatan kerja serta tingginya tingkat pengangguran /setengah pengangguran di kalangan generasi muda dan mengakibatkan berkurangnya produktivitas nasional dan memperlambat kecepatan laju perkembangan pembangunan nasional serta dapat menimbulkan berbagai problem sosial lainnya. Kurangnya gizi yang dapat menyebabkan hambatan bagi perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan badan di kalangan generasi muda, hal tersebut disebabkan oleh rendahnya daya beli dan kurangnya perhatian tentang gizi dan menu makanan seimbang di kalangan masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Keywords


Pola; Pembinaan; pemuda

References


Alwi, Syafaruddin, 2001. Manajeman Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi. Yogyakarta.

Asmara, Drs. H. Sakhyan MSP, Desember 2013, Kebijakan Nasional Pembangunan Kepemudaan Menuju Pemuda Indonesia Yang Berkarakter, Jakarta.

Siagian Sondang P, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit PT Bumi Aksara

Wahyudini, Siti S,P.,M.Si, Agustus 2011 Strategi Pengarusutamaan Pemuda : Mengggagas Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan, Jakarta.

Indonesia, Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945

Undang-Undang Kepemudaan No.40 Tahun 2009

Miles M.B & A.M Huberman.2007. Analisis Data Kualitatif. Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Tjiharjadi Semuil, dkk. 2012. To be a Great Effective Leader. Yogyakarta: CV Andi Offset

Wirawan. 2013. Kepemimpinan. Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wiyono.Isbagyo.F.X.G. 2013.Christian Leadership.Gaya Kepemimpinan Kristiani Melayani dengan Kasih. Tangerang: Karunia Exori.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 196 times
PDF Download : 20 times

DOI: 10.36412/abdimas.v12i1.1046

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v12i1.1046.g1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.